chatting


ShoutMix chat widget

time

jam berapa sekarang???

Rabu, 11 Desember 2013

BAB I


I.I Latar Belakang

            Dewasa ini persaingan di dunia usaha sangat ketat, untuk meghadapinya semua pihak yang terlibat di dalamnya harus melakukan kegiatan usahanya secara efektif.
            Kemajuan dalam bidang teknologi juga sudah berkembang dengan pesat. Dimana-mana terdapat usaha-usaha jasa yang menggunakan teknologi-teknologi canggih. Dengan persaingan yang ketat, perusahaan perlu melakukan studi kelayakan pada suatu proyek yang tengah dijalankan, dimana penelitian tersebut tentang dapatkah suatu proyek (proyek investasi) dapat dilaksanakan dengan berhasil, keberhasilan pada studi kelayakan dapat berupa di terimakah usaha tersebut oleh masyarakat, apakah usaha yang di jalankan bisa di manfaatkan secara ekonomis dan bisakah perusahaan mendapat suatu keuntungan yang layak dari usaha tersebut.
            Perusahaan yang dibahas dalam tulisan ini bergerak di bidang usaha jasa Penggandaan Dokumen yang biasa di sebut Foto Copy, karena usaha foto copy merupakan salah satu usaha jasa yang menggunakan alat-alat berteknologi canggih, seperti mesin fotocopy, mesin laminating, dll usaha tersebut mempunyai sifat strategi sebagai sarana yang membantu kelancaran arus pemuas kebutuhan para konsumen atau para pengguna jasa tersebut, dimana setiap kebutuhan konsumen dapat terpenuhi.
            Untuk melayani kebutuhan masyarakat atau perusahaan jasa Foto Copy itu sendiri maka penulis mencoba menilai kelayakan investasi untuk menjadikan masalah ini sebagai bahan tulisan dan penulis mengambil judul “Studi Kelayakan Kelangsungan Usaha Jasa Foto Copy  Sinar Abadi “



I.2  Rumusan Masalah

            Bagaimana kelayakan investasi dalam usaha foto copy berdasarkan penilaian metode Payback period, NPV, IRR, PI dan ARR ?

I.3  Batasan Masalah

            Dalam penulisan ini penulis membatasi masalah hanya pada penggunaan methode Payback Period, NPV (Net Present Value), IRR (Internal Rate of Return), PI (Profitability Index), dan ARR (Accounting Rate of Rerturn) dan penilaian ini didasarkan pada data-data tahun 2003

I.4  Tujuan Penulisan

            Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui kelayakan investasi yang dilakukan untuk di teruskan atau tidak berdasarkan penilaian metode Payback Period, NPV, IRR, PI, dan ARR.

I.5  Metodologi Penulisan

            Dalam pengumpulan data, keterangan dan informasi yang relevan, maka penulis melakukan riset dengan jalan :

1.   Studi Pustaka
Dilakukan dengan mencari data-data yang diperlukan dan data lainnya sebagai landasan teoritis untuk menganalisa data yang diperoleh di lapangan. 
2.      Studi  Lapangan
Penelitian ini di lakukan secara langsung terhadap obyeknya untuk mendapatkan data-data primer maupun data  sekunder yang di perlukan untuk pembuatan penulisan ilmiah ini.

I.6  Sistematika Penulisan
            Untuk lebih memperjelas gambaran mengenai penyusunan ini, maka secara garis besar disusun secara sistematis, sbb :

BAB I        :  PENDAHULUAN
Pada bab ini berisikan Latar Belakang, Rumusan Masalah, Batasan  Masalah, Metodologi Penulisan, dan Sistematika Penulisan.
BAB II      :  LANDASAN TEORI
                     Bab ini mencakup teori-teori yang menyangkut dengan analisa  penilaian proyek. 
BAB III    :  GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
                  Berisikan tentang berdirinya sejarah perusahaan, bidang usaha dan struktur organisasi.
BAB IV    :  PEMBAHASAN
                     Dalam bab ini semua data yang di dapat akan di analisa dan di cari penyelesaiannya.
BAB V      :  PENUTUP
                  Memuat tentang kesimpulan dari pembahasan dan saran-saran dari penulis tentang penilaian proyek-proyek yang akan dilaksanakan.                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar