chatting


ShoutMix chat widget

time

jam berapa sekarang???

Jumat, 17 Januari 2014

Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen terhadap suatu produk


Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen
a. Kebudayaan.
Kebudayaan ini sifatnya sangat luas, dan menyangkut segala aspek kehidupan manusia. Kebudayaan adalah simbul dan fakta yang kompleks, yang diciptakan oleh manusia, diturunkan dari generasi ke generasi sebagai penentu dan pengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat yang ada.
b. Kelas sosial.
Pembagian masyarakat ke dalam golongan/ kelompok berdasarkan pertimbangan tertentu, misal tingkat pendapatan, macam perumahan, dan lokasi tempat tinggal.
c. Kelompok referensi kecil.
Kelompok ‘kecil’ di sekitar individu yang menjadi rujukan bagaimana seseorang harus bersikap dan bertingkah laku, termasuk dalam tingkah laku pembelian, misal kelompok keagamaan, kelompok kerja, kelompok pertemanan, dll.
d. Keluarga.
Lingkungan inti dimana seseorang hidup dan berkembang, terdiri dari ayah, ibu dan anak. Dalam keluarga perlu dicermati pola perilaku pembelian yang menyangkut:
- Siapa yang mempengaruhi keputusan untuk membeli.
- Siapa yang membuat keputusan untuk membeli.
- Siapa yang melakukan pembelian.
- Siapa pemakai produknya.
e. Pengalaman.
Berbagai informasi sebelumnya yang diperoleh seseorang yang akan mempengaruhi perilaku selanjutnya.
f. Kepribadian.
Kepribadian dapat didefinisikan sebagai pola sifat individu yang dapat menentukan tanggapan untuk beringkah laku.
g. Sikap dan kepercayaan.
Sikap adalah suatu kecenderungan yang dipelajari untuk bereaksi terhadap penawaran produk dalam masalah yang baik ataupun kurang baik secara konsisten. Kepercayaan adalah keyakinan seseorang terhadap nilai-nilai tertentu yang akan mempengaruhi perilakunya.
h. Konsep diri.
Konsep diri merupakan cara bagi seseorang untuk melihat dirinya sendiri, dan pada saat yang sama ia mempunyai gambaran tentang diri orang lain.
Menurut pendapat saya, dari kesekian faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen diatas saling berkaitan dan berkesinambungan satu sama lain.
Tetapi untuk memutuskan konsumen untuk membeli suatu barang harus memiliki beberapa tahap diantaranya mengenali kebutuhan yang ingin dibeli. Dan biasanya faktor yang paling mempengaruhi adalah dari kelas sosial, pengalaman dan kepribadian.
Sebagai contoh kecil adalah penjual mie ayam yang mempunyai gudget canggih seperti samsung dan blackberry. Itu semua dipengaruhi oleh faktor sosial yang dimana setiap orang harus sudah mempunyai alat tekhnologi seperti itu. Dan faktor kepribadian serta pengalamanpun tak luput dari keputusan si penjual mie ayam untuk membeli gadget canggih tersebut.

SUMBER



Tidak ada komentar:

Posting Komentar