chatting


ShoutMix chat widget

time

jam berapa sekarang???

Jumat, 14 Maret 2014

PERBEDAAN BERPIKIR DAN BERNALAR


Berpikir dan Bernalar adalah kegiatan yg sering kita lakukan di kehidupan sehari-hari. Tanpa kita sadari kata Berpikir sering disamakan dengan Bernalar. Nyatanya, proses Berpikir dan Bernalar itu sangatlah berbeda. Dilihat dari definisi dari setiap proses tersebut.
Berpikir merupakan proses dimana seseorang menelaah suatu hal. Hal tersebut sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Jujun S. Suriasumantri dalam bukunya yang berjudul Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer bahwa berpikir merupakan suatu kegiatan untuk menemukan pengetahuan yang benar. Apa yang disebut benar bagi tiap orang adalah tidak sama maka oleh sebab itu kegiatan proses berpikir untuk menghasilkan pengetahuan yang tidak benar itu pun juga berbeda-beda.
Sedangkan hakekat dari penalaran adalah suatu proses berpikir dalam menarik suatu kesimpulan yang bersifat pengetahuan. Akan tetapi tidak semua kegiatan berpikir mendasarkan diri pada penalaran (Jujun S. Suriasumantri, 2002:43).
Proses bernalar meliputi beberapa tahap. Tahapan-tahapan tersebut adalah:
  1. Mengerti : tahap dimana seseorang memahami segala aspek dari objek yang diamati.
  2. Memutuskan : menetapkan kesimpulan sementara berdasarkan fakta-fakta yang ada.
  3. Menyimpulkan : memberikan kesimpulan yang pasti mengenai objek yang diamati setelah fakta-fakta yang ada di uji kembali kebenarannya.
Salah satu contoh sebagai bukti bahwa dengan bernalar kita mampu mengambil kesimpulan yang lurus adalah:
Jika seseorang merasa lapar, maka ia akan melakukan aktifitas yang membuat rasa laparnya hilang. Aktifitas tersebut adalah makan, dan yang dimakan adalah nasi dan lauk-pauknya, bukan pasir atau batu.
Aktifitas yang dilakukan oleh orang tersebut dilakukan setelah dia berpikir dan bernalar dengan logika. Jenis logika yang dia gunakan adalah logika kodratia (secara spontan) dalam hal mengambil tindakan untuk makan, dan logika ilmiah (untuk menghindari kesesatan) dalam hal memilih untuk memakan nasi dan lauk-pauknya daripada memakan pasir dan batu.
 Kesimpulannya adalah, proses Berpikir dan Bernalar itu sangatlah beda. Karena dalam Bernalar melalui beberapa tahapan. Sedangkan proses Berpikir hanya menelaah sesuatu hal yg cangkupannya luas.
Dalam bernalar memang belum ada benar – salah. Yang ada betul keliru, sahih atau tak sahih. Tolak ukur penilaiannya adalah asas – asas logika atau hukum penalaran. Akan tetapi, kalau kegiatan berpikir dimengerti secara lebih luas dan menyeluruh, mulai dari penerapan indrawi, konseptualisasi atau proses pemahaman atas data yang diperoleh, serta berakhir dengan penegasan putusan, dapat saja kita bicara tentang benar – salah dalam berpikir. Penalaran yang betul merupakan unsur yang amat penting dalam kegiatan berpikir, dan dapat menunjang kegiatan berpikir yang benar.

SUMBER :
PSIKOLOGI UMUM. Drs. Alex Sobur, M. Si. (Hal 208 – 109)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar